Selasa, 12 April 2011

Mengatasi Masalah Tidak Keluarnya Suara pada snd-hda-intel

Beberapa kali saya ditanyakan oleh siswa saya tentang masalah sound card snd-hda-intel di beberapa laptop yang terinstall Linux. Mereka mengalami masalah pada soundcard tersebut dimana soundcard tersebut sudah dapat dikenali dengan baik dan driver sudah di-load denga baik pula. Volume control pada desktop pun telah muncul.

Tetapi ketika mereka menyetel musik, suara pun tak kunjung keluar.
Padahal kondisi soundcard tersebut tidak mute. Kondisi ini pernah saya alami ketika saya memiliki laptop Acer Aspire dahulu. Dengan sedikit googling, saya pun dapat dengan mudah menemukan solusinya.

Namun kebiasaan buruk saya yang tidak mendokumentasikannya membuat saya mendadak amensia :D Nah karena beberapa waktu yang lalu ada satu lagi siswa saya yang bertanya hal serupa, maka saya pun berniat untuk mendokumentasikannya di sini.

Berikut solusi terhadap masalah tersebut:

Buka file “/etc/modprobe.conf” (untuk beberapa distro file tersebut tidak ada, tapi tidak masalah) lalu isi dengan parameter berikut

options snd-hda-intel model=auto probe-mask=1

Simpan file tersebut dan reboot mesin linux anda. Semoga trik ini dapat membantu..

0 komentar:

Posting Komentar